ANALISIS PENGARUH EFISIENSI MODAL KERJA DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

VINDI LESTARI B11109123

Abstract


Setiap perusahaan pada dasarnya memerlukan dana (modal kerja) untuk melangsungkan kehidupan perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu mendapatkan profitabilitas. Perusahaan juga dapat menggunakan hutang sebagai alternatif pendanaan. Untuk mencapai tujuan tersebut manajemen harus dapat menetapkan kebijakan dalam efisiensi penggunaan modal kerja dan hutang.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh variabel Return On Working Capital (ROWC) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yaitu PT. Mandom Indonesia, Tbk dan PT. Mustika Ratu, Tbk.

Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan ketentuan kriteria sebagai berikut : (a) Perusahaan kosmetik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2007- 2012. (b) Tersedia data laporan keuangan triwulan selama kurun waktu penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu menguji asumsi klasiknya.

Dari hasil analisis melalui pengujian goodness of fit bahwa model regresi (ROWC dan DER) yang dibangun sudah benar dengan tingkat signifikansi 0,000. Sementara melalui Uji-t, ROWC dan DER menunjukkan pengaruh signifikan (positif) terhadap ROE dimana tingkat signifikansi masing-masing dibawah 0,05.

Kata Kunci : Return On Working Capital (ROWC), Debt To Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.