ANALISIS KEBIJAKAN BAURAN PEMASARAN (7P) IKAN ARWANA SUPER RED PADA PT. INTI KAPUAS INTERNASIONAL PONTIANAK

Roymond Chi B11109013

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada PT. Inti Kapuas Internasional Pontianak. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalahdengan cara melakukan deep interview dari pimpinan perusahaan. Metode penelitian lain yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kepustakaan yang dilaksanakan dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti Teknik Pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik kualitatif. Semua data yang diperoleh akan dianalisis dan disimpulkan serta disajikan secara apa adanya sesuai dengan hasil wawancara dengan pimpinan PT. Inti Kapuas Internasional.

Setelah melalui proses wawancara yang dilakukan pada pimpinan perusahaan, ada beberapa kebijakan bauran pemasaran arwana super red yang diambil oleh perusahaan. pada dimensi produk (product) adalah membagi produk ikan arwana super red menjadi grade A, grade B, grade C, dan special grade. Diferensiasi produk dilakukan dengan penyuntikan microchip. Penjualan produk-produk lain antara lain buku RPA, garam refinasi, aquarium black glass, dan filter canister. Kebijakan dimensi harga (price) adalah menetapkan harga premium, syarat harga FOB dan C&F, penetapan berdasarkan persepsi nilai, dan memberikan diskon tunai serta diskon musiman. Kebijakan dimensi saluran distribusi (place) adalah menggunakan agen, menggunakan strategi saluran distribusi nol tingkat yaitu dengan menjual langsung melalui proshop resmi. Kebijakan dimensi promosi (promotion) adalah menggunakan alat-alat promosi seperti televisi, majalah, menggelar event pameran, internet, serta periklanan langsung melalui e-mail. Kebijakan dimensi orang (people) adalah pemberian pelatihan dan seminar tentang pelayanan kepada karyawan dan pemberian insentif kepada pegawai berprestasi. Kebijakan dimensi bukti fisik (physical evidence) adalah pendirian proshop, setting akuarium pada proshop, dan setting suasana proshop yang menyenangkan. Kebijakan dimensi proses (process) adalah pemberian garansi, aftersales service dengan membentuk sheelookRED service&care, serta menyediakan jasa penitipan.

Kata Kunci :Ikan Arwana Super Red, Kebijakan Bauran Pemasaran, STP (Segmenting, Targeting, Positioning), Nilai Pelanggan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.