ANALISIS PENGARUH CAPITAL STRUCTURE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Herman B31108192

Abstract


Seiring berjalannya waktu, terdapat 9 sektor industri yang ada di Indonesia, salah satu sektor tersebut berupa sektor properti dan real estate. Sektor properti dan real estate merupakan salah satu alternatif investasi yang diminati investor. Penulis mencoba mengangkat suatu permasalahan yang didasarkan pada data yang diperoleh yaitu Analisis pengaruh capital structure terhadap kinerja keuangan pada perusahaan-perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Hasil analisis rasio DER, ROA dan ROE pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia, menunjukkan kinerja yang cukup baik. Dimana rasio DER mempunyai rata-rata sebesar 2,33 kali, ini menunjukkan cukup bagus karena semakin kecil tingkat debt to equity perusahaan, maka semakin baik. Rasio ROA dan ROE mengalami fluktuasi pada setiap perusahaan property dan real estate. Tingkat ROA paling tinggi sebesar 15,10 persen, sedangkan tingkat ROE paling tinggi sebesar 31,37 persen.

Berdasarkan analisis parsial, dapat disimpulkan tidak ada pengaruh signifikan antara DER terhadap ROA pada perusahaan-perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan DER terhadap ROE mempunyai pengaruh yang signifikam pada perusahaan - perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.