ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS PADA SABUN MANDI SHINZUI DI KOTA PONTIANAK

Deden Indrawan B11109099

Abstract


Persaingan antar merek produk kategori consumer goods semakin meningkat. Produk yang termasuk kategori consumer goods meliputi, makanan, minuman, detergen, sabun mandi, dan sebagainya. Salah satu consumer goods yang juga sudah menjadi kebutuhan yang sulit dilepaskan adalah sabun mandi.Periklanan di sini dimaksudkan untuk menanamkankesadaran akan suatu merek (brand awareness).Endorser yang baik, paling tidak haruslah memiliki tigakategori seperti kredibilitas, daya tarik, dan power. Dengan adanya tiga kategoriyang dimiliki, diharapkan dapat membangun brand awarenessdalam benak konsumen. Untuk membangun brand awareness dalam benak konsumen pada sabun mandi shinzui harus memiliki daya tarik iklan yang tinggi, dan dengan menggunakan endorser yang memiliki kredibilitas tinggi. Daya tarik iklan yang tinggi adalah bila memenuhi 3 indikator yaitu meaningful, distinctive, danbelievable. Sedangkanendorser yang tinggi adalah endorser yang memenuhi 3 indikator yaitu credibility,attraction, dan power.

Variabel yangdigunakan dalam penelitian ini adalah dayatarik iklan dan kredibilitas celebrity endorser sebagai variabel independen, sedangkanbrand awareness sebagai variabel dependen.Sampel dalam penelitian ini adalah 90 responden yang pernah melihat iklan sabun mandi Shinzui dengan celebrity endorser (bintang iklan) adalah Laura Basuki. Metode yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan menyebarkuesioner kepada para responden. Penelitian ini menggunakan metode analisiskuantitatif yaitu analisis deksriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linearregresi berganda, uji F dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan dan kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, baik secara parsial maupun simultan. Dengan perolehan koefisien terbesar0,311 atas pengaruh daya tarik iklan dan kredibilitas celebrity endorser terhadap brand awareness. Maka sebuah daya tarik iklan dan kredibilitas celebrity endorser yang lebih baik akan semakin meningkatkan brand awareness sabun mandi shinzui. Dengandemikian perlu adanya variabel lain yang mungkin bisa mempengaruhi dan menyempurnakan hasil penelitian ini terhadap sabun mandi shinzui.

Kata kunci : daya tarik iklan, kredibilitas celebrity endorser dan brand awareness


Refbacks

  • There are currently no refbacks.