ANALISIS PENGARUH KECUKUPAN MODAL DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS ASET PERUSAHAAN SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Akmaludin B11109082

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan To Deposit Ratio (LDR), serta Bank Size sebagai variabel kontrol terhadap Non Performing Loan (NPL) pada Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data panel yang mencakup 14 Bank Umum Konvensional dalam periode 2007 sampai dengan 2011. Analisis regresi data panel dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Fixed Effect Model (FEM).

Berdasarkan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, tidak ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR) dan Bank Size berpengaruh signifikan terhadap Non Performing Loan (NPL). Kemampuan prediksi dari ketiga variabel tersebut terhadap Non Performing Loan (NPL) sebesar 63,37% dan sisanya 36,63% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Kata kunci: Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Bank Size.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.