PENGARUH KEMUDAHAN, KEMANFAATAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEINGINAN MENGGUNAKAN E-BANKING PADA BANK BCA CABANG PONTIANAK

RANTI ANDRIANI

Abstract


ABSTRAK

 

 

PT. Bank Central Asia, Tbk. merupakan salah satu Bank Umum Swasta Nasional yang telah eksis di dunia perbankan, PT. BCA Cabang Pontianak mulai menekankan pentingnya memperdalam fokus dari transactional banking menjadi relationship banking menuju suatu strategi yang lebih dipusatkan pada pemenuhan kebutuhan keuangan nasasabah yang lebih beragam, sehingga akan mendorong pertumbuhan BCA dari tahun ke tahun. PT. BCA Cabang Pontianak memandang bahwa fokus terhadap pemenuhan kebutuhan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kemanfaatan dan kepercayaan terhadap keinginan menggunakan e-banking pada Bank BCA Cabang Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan skunder yang diperoleh dari PT. Bank BCA. Teknik analisa dengan pendekatan uji regresi berganda.

 

Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan diperoleh hasil penelitian pengujian ini untuk mengetahui pengaruh dari PDRB (X1) terhadap permintaan konsumtif (Y). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,000 disimpulkan bahwa variabel PDRB berpengaruh terhadap permintaan konsumtif. Pengujian ini untuk mengetahui pengaruh dari inflasi (X2) terhadap permintaan konsumtif (Y). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keinginan Menggunaan ebanking pada PT BCA Cabang Pontianak, pemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keinginana menggunaan ebanking pada PT BCA Cabang Pontianak dan Kepercayaan Nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keinginana Menggunaan e-banking pada PT BCA Cabang Pontianak.

 

Kata Kunci : Kemudahan, Kemanfaatan Dan Kepercayaan dan Keinginan Menggunakan e-banking.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Arikunto, Suharmi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Asdi Mahasatya. Jakarta. 2006.

 

Ariani, Wahyu. Manajemen Operasi Jasa. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2009.

 

Bank BCA Cabang Utama Pontianak, 2016.

 

Chin, W.W., and Todd, P.A. On the Use, Usefulness, and Ease of Use of Structural Equation Modeling in MIS Research: A Note of Caution. MIS Quarterly, 19. 237-246. 1995.

 

Davis, F.D. User Acceptance of Information Technology: System Characteristics, User Perception and Behavioral Impacts. International Journal of Man-Machine Studies. 38 (3): 475-487. 1993.

 

D. Wahyu Arini. Manajemen Operasi Jasa. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2009.

 

FX, Ario, Bagus Senoaji. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah, Studi Kasus Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kota Semarang. Tesis Universitas Diponegoro Semarang. 2008.

 

Freddy, Rangkuti. Measuring Customer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003.

Gede I Yogi Pramana. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabangveteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 706-733. 2016.

Hariwijaya. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tesis. Penerbit Oryza. Jakarta. 2011.

 

Handoko, Hani. Manajemen Personalia Dan Sumberdaya Manusia. BPFE. Yogyakarta. 2006.

 

Husein, Umar Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta. 2003.

 

Joseph, M. and Stone, G. “An empirical evaluation of US bank customer perceptions of the impact of technology in service delivery in the banking sector”, International Journal of Retail & Distribution Management, Vol. 31 No. 4, pp. 190-202. 2003.

 

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo. Jakarta. 2000.

 

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Salemba Empat. Jakarta. 2001.

 

Kotler et.al. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid Satu, Prenhallindo, Jakarta. 2003.

 

Kotler, Philip dan K. L. Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Indeks, Jakarta. 2007.

 

---------------------------------------. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Dua, Indeks, Jakarta. 2008.

 

Lupiyoadi, Rambat.. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta. 2001.

Maman, Abdurahman. Dasar-dasar Metode Statistik Untuk Peneliti. Penerbit CV Pustaka Setia. Bandung. 2011.

 

Mangkunegara Anwar Prabu. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Penerbit Aditama. Bandung. 2005.

 

Mouawad, M. and Kleiner, B. “New developments in customer service training”,Managing Service Quality, Vol. 6 No. 2, pp. 49-56. 1996.

 

Nasution. Metode Research. Bumi Aksara. Jakarta. 2000.

 

Nita, Ambariki. Pengaruh Tingkat Kepuasan Nasabah Atas Pelayanan Teller Pada Bank Permata Area Jakarta. Skripsi Universitas Gunadarma. Jakarta. 2005.

 

Nyoman Ni Luh Sherina DeviAnalisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol 6. No 1. pp 167-184. 2014.

 

Peter. J. Paul C. Olson, Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, edisi keempat, cetakan pertama, penerbit : Erlangga, Jakarta. 1999.

 

Priyanto, Duwi. Buku Saku Analisis Statistik Data, Yogyakarta : Penerbit MediaKom. 2011.

 

Prasetyo, Adi. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah BMT Kaffah Yogyakarta. Skripsi Stain Surakarta Sem Institute Yogyakarta. 2008.

Prasetijo, Ristiyanti dan Ihalauw John, Perilaku Konsumen, edisi pertama, Andi, Yogyakarta. 2005.

 

Purbayu, Ashari. Analisis statistic dengan Microsoft exel dan SPSS. Andi Offset. Yogyakarta. 2005.

 

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian, Edisi 7, Bandung : Penerbit Alfabeta. 2010.

 

Sanjaya, I.P.S. Pengaruh Manfaat dan Kemudahan Pada Minat Berperilaku (behavioral intention) Dalam Penggunaan Internet, Kinerja, 9, 146-156. 2005.

 

Santos, J. E-service quality: a model of virtual service quality dimensions. Managing Service Quality. Vol. 13 No. 3, pp. 233-46. 2003.

 

Schneider, B. and Bowen, D.E. Wining the Service Game, Harvard Business School Press,Boston, MA. 1995.

Swastha, Basu, dan T. Hani Handoko. Manajemen Pemasaran, AnalisaPerilaku Konsumen,Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Penerbit : BPFE, Yogyakarta. 2000.

Swastha dkk, Anwar Prabu, Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Penerbit PT Revika Aditama, Bandung. 2002.

Swastha, Basu dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Kedua Belas, Liberty, Yogyakarta. 2005.

 

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi kedua, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta. 2008.

Sumarwan, Ujang, Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, cetakan pertama, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta. 2003.

 

Sureshchandar, G., Rajendran, C. and Anantharaman, R. “Determinants of customer-perceived service quality:a confirmatory factor analysis approach”,Journal of Services Marketing, Vol. 16 No. 1, pp. 9-34. 2002.

 

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung. 2001.

 

Suliyanto. Studi Kelayakan Bisnis. Penerbit Andi. Yogyakarta. 2011.

 

Sujana. Metode Statistika.Tarsito Bandung. Bandung. 2005.

 

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Penerbit Andi, Yogyakarta. 1997.

 

Tjiptono, Fandy. Manajemen Jasa. ANDI. Yogyakarta. 2000.

 

Tjiptono, Fandy. Manajemen Jasa. ANDI. Yogyakarta. 2006.

 

Tjiptono, Fandy. Manajemen Jasa. ANDI. Yogyakarta. 2007.

 

Venkatesh, V. dan Michael G. Morris. Why Don’t Men Ever Stop to Ask for Direction? Gender Social Influence, and Their Role in Technology Acceptence and Usage Behavior. MIS Quarterly, 24 No. 1, 115-139. 2000.

 

Yazid. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua. Sleman, EKONISIA, Yogyakarta: 2003.

 

Zeithaml, Valerie, Bitner M. J., Gremler, Dwayne. Service Marketing. McGraw-Hill International Edition, Singapore. 2000.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.