Pengaruh Word Of Mouth dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Es Krim (Studi Kasus Pada Es Krim Aice Terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Word Of Mouth dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Es Krim (Studi Kasus Pada Es Krim Aice Terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura). Jenis Penelitian ini adalah penelitian Explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang berstatus kuliah di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis di Universitas Tanjungpura Kota Pontianak yang pernah mengkonsumsi produk es krim Aice. Jumlah sampel sebesar 100 responden dipilih dengan cara purposive sampling, selanjutnya pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel word of mouth dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemampuan kedua variabel tersebut dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 61,2% sedangkan sisanya sebesar 38,8% dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian.
Kata kunci: word of mouth, inovasi produk, dan keputusan pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Aleiyya, I. L., Waluyo, H. D., & Widayanto. (2014). Pengaruh Inovasi Produk Baru, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian PC Tablet Apple Ipad (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Ipad di FISIP UNDIP Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Politic, halaman 1-8.
Andari, R., & Napu, D. M. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Maskapai Penerbangan Domestik di Davina Tour And Travel Gorontalo. Journal Tourism And Hospitality Essentials (THE), Vol. VI, No. 1.2016-1013.
Andy, Sernovitz. (2009). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York: Kaplan Publishing.
Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Babin, Barry J., L,Yong-Kie., Kim,Eun-Fu., & Griffin, Mitch (2005). Modeling consumer Satisfaction and Word-Of-Mouth : Resturant Patronage Korea. Journal of service Marketing ,Vol.19, pp133-139.
Badan Pusat Statistik. (2016). Kalimantan Barat dalam Angka 2016. Pontianak: BPS.
Basri, N. A. H., Ahmad, R., Anuar, F. I., & Ismail, K. A. (2015). Effect Of Word Of Mouth Communication On Consumer Purchase Decision: Malay Upscale Restaurant. Procedia-Social And Behavioral Sciences 222 (2016) 324-331, Malaysia.
Bhayani, A. (2016). Word Of Mouth In Consumers Purchase Decisions: The Moderating Role Of Product Type. Journal International Academy Of Management And Business, Canada, pp. 1-13.
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Dewi, D. N. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inovasi Produk Perusahaan Roti di Kota Semarang. Skripsi, Universitas Diponegoro Semarang.
Ekasari, N., & Roza, S. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap keputusan Pembelian Konsumen Bisnis Pada UMKM Keripik Pisang Dharma Jaya.
Firdausi, I. (2016). Pengaruh Inovasi Produk, Daya Tarik Iklan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Dengan Menu Unik (Studi Kasus Pada Cafe Tombo Ngelak Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.
Fontana, A. (2011). Innovate We Can!. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Ghozali. I. (2009). Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Haartman, R. V., Bengtsson, L. (2015). The Impact of Global Purchasing and Supplier Integration on Product Innovation. International Journal of Operations and Production Management, Vol. 35 Iss 9 pp. 1295-131.
Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Medpress.
Hasan, Iqbal. (2013). Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Edisi kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jogiyanto, H.M. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis:Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Kertajaya, H. (2007). Hermawan Kertajaya on Marketing Mix. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Kotler, P & Keller, K. L. (2006). Manajemen Pemasaran Edisi ke 12 Jilid 1. Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2007). Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kesembilan Jilid 7. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran terjemahan Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Prihanto, E., Rodhiyah., & Ngatno. (2015). Pengaruh Atribut Produk daan Word-Of-Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Merek Eiger di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Integrated Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sari, D. O., Widiartanto., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Atribut Produk, Selebrity Endorser, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi S-1 FISIP UNDIP).
Sekaran, U. (2006). Metode Penelitian Untuk Bisnis 1. (4th ed). Jakarta: Salemba Empat.
Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiama, A. G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung: Guardaya Intimarta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sumardy. (2011). The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Supranto, J. (2010). Statistika. Jakarta: Erlangga.
Suryana. (2014). Kewirausahaan, Kita dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Sutrisno, E. H. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Iklan, Efektivitas Iklan, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Kasus Pada Smartphone Merek Evercoss). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.
Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.
Trihendradi, C. (2013). Step By Step IBM SPSS 21 : Analisis Data Statistik. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
Voyer, P. A., & Ranaweera, C. (2015). The Impact Of Word Of Mouth On Service Purchase Decisions. Journal of Service Theory and Practice, Vol. 25 Iss 5 pp. 636-656.
Yunita, A., & Haryanto, J. O. (2012). Pengaruh Word Of Mouth, Iklan dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 11 Nomer 1 2012.
Yusmita, A. (2016). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, Harga, Diferensiasi Produk dan Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Oli Top 1 Di Semarang. Skripsi, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
DAFTAR PUSTAKA DARI INTERNET
Data Jumlah Penduduk Kota Pontianak Tahun 2017. http://disdukcapil.pontianakkota.go.id/news.php?readmore=13. Diakses pada 2018.
Data Makanan Ter-Viral 2016. https://food.idntimes.com/dining-guide/erina-wardoyo/10-makanan-ini-jadi-viral-di-2016-anak-hits-pasti-pernah-coba-1/full. Di akses pada 2018.
Es Krim Aice Menang Excellenct Brand Award. (2017). http://www.jajanbeken.com/es-krim-aice-menjadi-peringkat-pertama-di-industri-es-krim/
Latief, N. (2017). Informasi Terkait Es Krim Aice. https://checkinjakarta.id/read/melirik-produk-aice-ice-cream-yang-murah-namun-tetap-berkualitas. Diakses tanggal 01 Agustus 2017.
Wina, R. F (2018). Es Krim Aice Ikut Majukan Perekonomian. 2018. https://www.ukmriau.com/dunia-ukm/es-krim-aice-ikut-majukan-perekonomiaan-ukm/. Di akses tanggal 01 Januari 2018.
http://www.aiceicecream.com/2016/12/harga-promo-aice-ice-cream-di-pasaran.html
https://agenaicejogjapotorono.wordpress.com/tag/keuntungan-berjualan-ice-cream-aice/
https://id.scribd.com/doc/227662673/Pengertian-Inovasi-Menurut-Para-Ahli
https://food.idntimes.com/dining-guide/birgitta-angie-merek-/7es-krim-terfavorit/full.2017
https://marketing.co.id/word-mouth-efek-dari-kepuasan-atau-ketidakpuasan/
https://tirto.id/es-krim-murah-aice-menggandeng-para-seleb-mengabaikan-hak-buruh-cA7i
https://tirto.id/eksploitasi-kerja-di-pabrik-es-krim-aice-sponsor-asian-games-2018-cA7h.
https://www.aice.co.id/yuk-rileks-dengan-es-krim/
https://waralabakan.com/info-id/peluang-usaha/item/467-peluang-bisnis-es-krim-aice-ice-cream-indonesia.html. 2017Refbacks
- There are currently no refbacks.