PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP ELECTRONIC WORD OF MOUTH (Studi Kasus Pada Konsumen Lamington yang Menggunakan Akun Social Media Instagram di Kota Pontianak)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian serta dampaknya terrhadap electronic word of mouth konsumen Lamington Pontianak. Penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu social media marketing dan pengetahuan produk, variabel intervening yaitu keputusan pembelian, dan variabel dependen yaitu electronic word of mouth. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif bentuk kausal. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Lamington Pontianak, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian pada analisis substruktur pertama menunjukkan secara parsial variabel social media marketing dan variabel pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Lamington Pontianak. Hasil analisis substruktur kedua menunjukkan secara parsial variabel social media marketing dan variabel pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan berdampak terhadap electronic word of mouth pada konsumen Lamington Pontianak.
Kata Kunci : social media marketing, pengetahuan produk, keputusan pembelian, electronic word of mouth
Refbacks
- There are currently no refbacks.