ANALISIS KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, LAYANAN PURNA JUAL DAN NILAI JUAL KEMBALI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL LCGC (LOW-COST GREEN CAR) TOYOTA AGYA (STUDI PADA PENGGUNA MOBIL LCGC TOYOTA AGYA DI KOTA PONTIANAK)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, citra merek, layanan purna jual dan nilai jual kembali terhadap keputusan pembelian mobil LCGC (Low-Cost Green Car) Toyota Agya. Mobil LCGC ini sendiri merupakan mobil murah ramah lingkungan yang mulai dipasarkan di Indonesia pada akhir tahun 2013 dibawah payung hukum pemerintah Kementrian Perindustrian (Kemenperin) No.33/M-IND/PER/7/2013 tentang pengembangan produksi kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dan harga terjangkau. Lokasi dalam penelitian ini adalah di Kota Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif berupa penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna mobil LCGC (Low-Cost Green Car) Toyota Agya di Kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria responden minimal berusia 17 tahun, responden telah menggunakan mobil LCGC (Low-Cost Green Car) Toyota Agya minimal selama 5 bulan, responden berperan sebagai pengambil keputusan pembelian, responden pernah menerima pelayanan pemeliharaan dan perbaikan (service) dari bengkel resmi Toyota di Kota Pontianak, dimana teknik pengambilan data dengan cara penyebaran kuisioner dan wawancara. Alat pengujian dalam penelitian ini adalah menggunakan uji analisis linear berganda yang terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik, kemudian uji kelayakan model (goodness of fit) melalui uji-F, uji parsial (Uji-t), serta koefisien determinasi (R2).
Temuan penelitian ini membuktikan bahwa variabel kualitas produk, citra merek, dan layanan purna jual berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian mobil LCGC (Low-Cost Green Car) Toyota Agya di Kota Pontianak, sedangkan variabel nilai jual kembali tidak berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian mobil LCGC (Low-Cost Green Car) Toyota Agya di Kota Pontianak. Kemampuan variabel kualitas produk, citra merek, layanan purna jual dan nilai jual kembali tersebut menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sebesar 25,8% sedangkan sisanya sebesar 72,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Layanan Purna Jual, Nilai Jual Kembali, Keputusan Pembelian.
Refbacks
- There are currently no refbacks.