ANALISIS KINERJA SURVEYOR DALAM MEMINALISASI OVERDUE (TUNGGAKAN) PADA PERUSAHAAN PT. SINARMAS MULTIFINANCE

Gusti Didit Friyadi B31109125

Abstract


PT. Sinarmas Multifinance, sebagai lembaga pembiayaan non Bank (Finance Company) perlu mengembangkan bisnis ini secara luas dan serius, serta memanfaatkan wilayah-wilayah yang potensial dengan cara menempatkan Outlet-Outlet dalam jasa usaha pembiayaan sewa guna usaha, anjak piutang dan pembiayaan konsumen. Oleh sebab itu peranan surveyor adalah hal yang penting di dalam usaha amenjalankan oeprasional perusahaan dalam upaya untuk meminalisasi overdue (tunggakan) di perusahaan PT. Sinarmas Multifinance.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja surveyor dalam upaya meminimalisasi over due (tunggakan) secara maksimal. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dimana dalam penelitian ini menggambarkan obyek penelitian pada saat dilaksanakan kegiatan penelitian berdasarkan keadaan sebenarnya, dengan teknik Analisis Kualitatif yaitu hasil dari jawaban-jawaban responden disajikan dalam bentuk tabel dan dihitung persentasenya, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan.

Data Subyek penelitian ini adalah karyawan PT. Sinarmas Multifinance Pontianak yang berjumlah 30 (tiga puluh orang) orang. Dari hasil analisis diperoleh hasil sebesar 88% dan dikategorikan Sangat Baik, walaupun ada beberapa indikator yang mas belum maksimal didalam mempengaruhi kinerja kerja karyawan PT. Sinarmas Multifinance diantaranya adalah diberikan target oleh perusahaan dalam memperluas hubungan kerja dengan konsumen, Ketepatan waktu merupakan prioritas penting dalam melakukan pekerjaan.dan kemampuan mengatasi masalah di kantor dan lapangan dengan baik serta kemampuan memotivasi konsumen atau pemakai jasa untuk dapat menyelesaikan kewajibannya kepada Diharapkan dengan kinerja yang di tunjukan surveyor dapat meminalisasi overdue (tunggakan) para konsumen dan juga mampu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Kata Kunci : Kinerja

Refbacks

  • There are currently no refbacks.