PENGARUH KUALITAS PRODUK, PRICE VALUE DAN IKLAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT BELI ULANG (Studi Kasus di Rumah Makan Grillme Pontianak Cabang Jalan Sumatera)

Rika Binata Sari B1021131123 Rika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, price value dan iklan media sosial terhadap kepuasan dan minat beli ulang (studi kasus di rumah makan grillme pontianak cabang jalan sumatera). Penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu kualitas produk, price value dan  iklan media sosial,variabel intervening yaitu kepuasan konsumen, dan variabel dependen yaitu minat beli ulang. Jenis penelitian yang gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan bersifat kausalitas, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara dengan beberapa responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rumah Makan Grillme Pontianak, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penggambilan sampel menggunakan teknik  purposive sampling dengan alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis).

            Hasil penelitian pada analisis substruktur pertama menunjukkan secara persial kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan variabel  price value dan iklan media sosial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil analisis subtruktur kedua menunjukkan secara parsial kualitas produk, price value dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang sedangkan variabel iklan media sosial tidak berpengaruh sifnifikan terhadap minat beli ulang konsumen Rumah Makan Grillme Pontianak. Besarnya pengaruh langsung variabel kualitas produk terhadap minat beli ulang yaitu sebesar 3,27%, sedangkan pengaruh tidak langsung variabel kualitas produk terhadap minat beli ulang melalui variabel kepuasan konsumen sebesar 0,74%. Besarnya pengaruh langsung price value terhadap minat beli ulang yaitu 18,14% dan pengaruh tidak langsung variabel price value terhadap minat beli ulang melalui variabel kepuasan konsumen yaitu sebesar 10,56%. Besarnya pengaruh langsung iklan media sosialterhadap minat beli ulang yaitu 1,04%% dan pengaruh tidak langsung variabel iklan media sosial terhadap minat beli ulang melalui variabel kepuasan konsumen yaitu sebesar 5,43%.

 

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Price Value, Iklan Media Sosial, Kepuasan Konsumen, Minat Beli Ulang.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.