ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN ADVERTISING PRINTING MEDIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

ANGELA YUNITA B1021131065 admin

Abstract


ABSTRAK

 

Dalam penilaian suatu kinerja keuangan terhadap nilai sebuah perusahaan, biasanya investor dapat menggunakan melalui analisis fundamental untuk menilainya dengan pendekatan Price to Book Value (PBV). Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel efisiensi modal kerja dengan pendekatan cash conversion cycle (CCC), likuiditas dengan pendekatan current ratio (CR), solvabilitas dengan pendekatan debt to equity ratio (DER), dan profitabilitas dengan pendekatan return on asset (ROA) terhadap price to book value (PBV) pada perusahaan advertising printing media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 11 perusahaan pada perusahaan advertising printing media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari setiap perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama lima tahun berturut-turut yaitu tahun 2011, 2012, 2013, 2014, dan 2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, dan multikolinearitas. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel return on asset (ROA) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap price to book value, sedangkan cash conversion cycle (CCC) dan current ratio (CR) mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap price to book value dan debt to equity ratio (DER) mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap price to book value.

 

Kata Kunci : Cash Conversion Cycle (CCC), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA), Price to Book Value (PBV).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.