ANALISIS PENGARUH RASIO NILAI PASAR TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Ardi Suganda B11108099

Abstract


Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumberdaya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan dimasa datang. Para pelaku bisnis dan pemerintah dalam pengambilan keputusan investasi membutuhkan informasi yang relevan tentang perusahaan. Perusahaan menyediakan informasi untuk pemegang saham dan masyarakat tentang kegiatan mereka. Hal ini sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam menyusun strategi dan pengambilan keputusan investasi di pasar modal. Dalam mengambil keputusan untuk melakukan suatu investasi perlu diperhatikan dua hal yaitu return dan resiko investasi. Pada sekuritas-sekuritas yang memiliki return yang sama, para investor berusaha untuk mencari resiko terendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh price earning ratio, price to book value, return on equity, dan size terhadap return saham pada perusahaan tekstil dan garmen yang terdapat di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2010.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan Tekstil dan Garmen yang terdapat di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 12 perusahaan dengan menggunakan metode sensus, data diperoleh dari PT Bursa Efek Indonesia dengan periode waktu dari tahun 2006-2010. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan yang lain.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel price earning ratio berhubungan negatif dan tidak signifikan terhadap return saham, price to book value berhubungan positif dan signifikan terhadap return saham, return on equity berhubungan positif dan tidak signifikan terhadap return saham dan size berhubungan negatif dan tidak signifikan terhadap return saham.

Kata kunci : price earning ratio, price to book value, return on equity, size dan return saham

Refbacks

  • There are currently no refbacks.