PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PARIWISATA, HOTEL DAN RESTORAN YANG TERDAFTAR DI BEI

AMMAH ATIYAH B11111041 admin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub-sektor pariwisata, hotel dan restoran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang diteliti sebanyak 12 perusahaan dengan cara purposive sampling. Variabel yang diteliti adalah Return On Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda (uji t, uji f dan koefisien determinasi) dengan melalui uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi dengan menggunakan program spss versi 16.0.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Return On Assets (ROA) berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan variabel Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci : Return On Assets, Debt to Equity Ratio, dan Harga Saham

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.