` PENGARUH KOMPENSASI DAN PERSON-ORGANIZATION FIT TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (STUDI TERHADAP GURU PESANTREN DARUL KHAIRAT KOTA PONTIANAK

Muhammad B31109093

Abstract


Penelitian ini berangkat dari latar belakang mengenai pentingnya Sumber Daya Manusia sebagi salah satu penentu keberhasilan tujuan dalam Organisasi, sedangkan Sumber Daya Manusia yang  unggul tidak dapat terpisah begitu saja secara instan,karena untuk mendapatkan sumber daya manusia yang handal harus dilakukan dengan berbagai macam proses penyeleksian dan pelatihan. Pesantren Darul Khairat Pontianak merupakan salah satu lembaga yang mempunyai tujuan yang jelas. Salah satu program di Pesantren Darul Kairat adalah akan adanya Program bimbingan belajar (Pendidikan belajar mengenai Agama Islam secara menyeluruh). Karena dituntut untuk mempunyai sumber daya yang mengerti dan memahami tentang ajaran agama islam dan pendidikan formal dari keseluruhan Guru (Tenaga Pendidik) di Lembaga tersebut dan diberi aktu mengajar dengan jam yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data primer dan pengumpulan data menggunakan Quisioner dengan menggunakan Program SPSS 22, metode penelitian yang diambil Deskriftif dan Kuantitatif dengan jumlah Populasi 121 Orang dan Sampel yang diambil sebanyak 93 Orang.

Dari hasil penelitian ini, semua responden untuk Variabel Kompensasi (X1) berfrekuensi “Baik” dengan Skor rata-rata 3,93, Variabel Person Organization Fit (X2) berfrekuensi “Baik” dengan skor rata-rata 3,78 dan Variabel Komitmen (Y) berfrekuensi “Baik”) dengan Skor rata-rata 3,89, sedangkan  Pengaruh Kompensasi dan Person Organization Fit terhadap Komitmen Guru Hasil Uji t dari Variabel (X1) menunjukkan signifikan 0,002 < 0,05 dan (X2) menunjukkan signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian dari hasil Uji f diketahui nilai Sig 0,000 < 0,05, jadi secara simultan (serempak) menunjukkan Variabel (X1)dan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Variabe Dependen (Y). Sedangkan Koefisien Determinasi independen (X1) dan (X2) Hanya Mampu menjelaskan variabel dependen (Y) sebesar 53,2% yang artinya kuat hubungan tersebut, dan sisanya 46,8% (100% – 53,2%) dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci : Kompensasi, Person Organization Fit, Komitmen guru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.