PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KOMUNIKASI PEMASARAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK PEMBANGUNAN DAERHA KALIMANTAN BARAT DI KOTA PONTIANAK (Studi Pada Nasabah PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat Cabang Pembantu Dahlia)

Achmad Fauzi B11111101 admin

Abstract


Bagi dunia perbankan, keberadaan nasabah merupakan asset penting di tengah persaingan yang ketat dan dinamis. Bank  sebagai salah satu penyedia jasa layanan keuangan menyadari bahwa loyalitas nasabah adalah hal yang harus diraih dan perlu dijaga. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang memfokuskan diri pada membina hubungan dengan nasabah, ini memilki tujuan akhir yaitu untuk mendapatkan loyalitas nasabah, dengan harapan nasabah ini dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, komunikasi pemasaran, dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah. Responden dalam penelitian adalah para nasabah Bank Kalbar yang melakukan transaksi di Bank Kalbar capem Dahlia.  Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 100 orang responden melaui teknik incidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif.

Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Variabel independen yaitu Kualitas Layanan (X1), Komunikasi Pemasaran (X2), Citra Perusahaan (X3), dan Loyalitas Nasabah sebagai variabel dependen (Y). Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh hasil Kualitas Layanan, Komunikasi Pemasaran, dan Citra Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah.

 

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Komunikasi Pemasaran, Citra Perusahaan, Loyalitas Nasabah

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.