ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA OBLIGASI SYARIAH DENGAN OBLIGASI KONVENSIONAL DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2010-2014

ANIS SA'ADAH B11112153 admin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kinerja obligasi syariah dan obligasi konvensional. Perbedaan antara kedua obligasi tersebut diukur berdasarkan nilai Current Yield , Yield to Maturity (YTM) , tingkat risiko obligasi berdasarkan peringkat obligasi dan tingkat likuiditas berdasarkan volume perdagangannya.

Sampel penelitian ini adalah obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan nonfinance yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2014.  Data yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Dari karakteristik yang sudah ditentukan, terdapat 15 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 16, dengan pengujian analisis independent sample T-test.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan anatara kinerja obligasi syariah dengan kinerja obligasi konvensional berdasarkan Current Yield dan risiko obligasi. Namun dari sisi Yield to Maturity dan likuiditas obligasi tidak ada perbedaan antara kinerja obligasi syariah dan obligasi konvensional.

Kata Kunci: Current Yield, Yield To Maturity, Risiko, Likuiditas.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.