ANALISIS KOMPARATIF KEPERCAYAAN PADA MEREK DAN LOYALITAS MEREK (SURVEI PADA KONSUMEN SABUN LIFEBUOY DAN SHAMPO LIFEBUOY DI KOTA PONTIANAK)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tanggapan brand characteristic, company characteristic, consumer-brand characteristic dan brand loyalty sabun Lifebuoy dengan shampoo Lifebuoy oleh responden di Kota Pontianak.
Teknik analisis yang digunakan adalah metode uji beda Kruskal Wallis. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sabun dan shampoo merek Lifebuoy yang berada di kota Pontianak, teknik pengambilan sampel dilakukan secara convenience sampling dengan kriteria: responden berusia 17 tahun ke atas dan konsumen shampoo atau sabun Lifebuoy yang berperan sebagai pengambil keputusan pembelian. Jumlah sampel adalah 100 yang terdiri dari 50 konsumen sabun mandi Lifebuoy dan 50 konsumen shampoo Lifebuoy.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tanggapan yang signifikan antara brand characteristic, company characteristic, consumer-brand characteristic dan brand loyalty sabun Lifebuoy dengan shampoo Lifebuoy. Hal ini dikarenakan baik sabun mandi maupun shampoo Lifebuoy keduanya memiliki nama merek yang sama dengan kualitas yang juga dirasakan responden serupa.
Kata kunci : Brand Characteristic, Company Characteristic, Consumer-Brand Characteristic dan Brand Loyalty
Refbacks
- There are currently no refbacks.