PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PASAR DAN KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2013

Hery Liono B51111080

Abstract


Intellectual capital (IC) akhir-akhir ini memiliki peran kunci dalam upaya melakukan peningkatan nilai di berbagai perusahaan. Hal ini disebabkan adanya kesadaran bahwa IC merupakan landasan bagi perusahaan untuk menjadi lebih kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara IC dengan nilai pasar dan kinerja perusahaan. IC merupakan variabel independen dan nilai pasar dan kinerja keuangan perusahaan sebagai variabel dependen.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 perusahaan manufaktur Indonesia yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia antara tahun 2010-2013. Penelitian ini menggunakan Model Pulic (Value Added Intellectual Coefficient – VAICTM) sebagai ukuran efisiensi atas komponen IC; physical capital coefficient (VACA), human capital coefficient (VAHU), dan structural capital coefficient (STVA). Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menguji hubungan antara VAICTM dengan kinerja keuangan perusahaan, dimana tiga rasio keuangan dipilih sebagai ukuran proksi untuk kinerja perusahaan (ROA, ROE dan NPM) dan nilai pasar digunakan rasio Market to Book Value (MtBV).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: IC berpengaruh positif terhadap nilai pasar perusahaan; IC berpengaruh positif terhadap ROA; IC berpengaruh positif terhadap ROE; IC berpengaruh positif terhadap NPM.

Kata Kunci : Intellectual Capital, Nilai Pasar, Kinerja, Analisis Linier Sederhana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.