ANALISIS RASIO PROFITABILITAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN WHOLESALE (DURABLE AND NON DURABLE GOODS) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2012

INDRIYANI B51109068

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah secara bersama-sama rasio profitabilitas yang terdiri dari Return On Assets (ROA), Return Of Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan  Wholesale (Durable & Non Durable Goods) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama Tahun 2010 – 2012. Selain daripada itu, dari kelima variabel tersebut, variabel manakah yang paling besar mempengaruhi harga saham saham pada Perusahaan Wholesale (Durable & Non Durable Goods) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama Tahun 2010 – 2012.

Penarikan jumlah sampel dilakukan dengan cara menggunakan teknik purposive random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 13 perusahaan pada Perusahaan  Wholesale (Durable & Non Durable Goods) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda dan untuk pengujian hipotesis menggunakan Uji F serta Uji t dengan level of significance 5%. Perhitungan dilakukan dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solutions).

Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa variabel Return On Assets (ROA), Return Of Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dengan nilai signifikansi 0,000. Dan pada pengujian secara parsial diperoleh hasil variabel Earning Per Share (EPS) yang memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap harga saham dengan nilai 0,000.

Kata Kunci : Rasio Profitabilitas, Harga Saham


Refbacks

  • There are currently no refbacks.