PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM SUSTAINABILITY REPORT (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012)

EDWAR ASHARI B41110026

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Struktur Corporate Governance yang terdiri dari: Dewan Komisaris Independen, Komite Audit Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Asing, dan Kepemilikan Publik terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility Disclosure.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling, yang merupakan perusahaan yang menerbitkan sustainability report dan laporan tahunan selama tahun 2009 hingga tahun 2012. Analisis dilakukan dengan regresi berganda menggunakan program SPSS versi 16.00 untuk windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit Independen berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam sustainability report. Sedangkan variabel lain tidak memiliki signifikan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dalam sustainability report.

Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Struktur Corporate Governance, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit Independen, Struktur Kepemilikan, Sustainability Report


Refbacks

  • There are currently no refbacks.