ANALISIS PENERAPAN KONSEP ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN KERAMIK PORSELEN DAN KACA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Yustina Heffy Putri B41111024

Abstract


Memaksimalkan kekayaan pemegang saham adalah tujuan dari perusahaan, untuk mencapai tujuan tersebut maka penting bagi perusahaan untuk mengetahui kinerja dari perusahaannya.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan pada masing-masing perusahaan keramik porselen dan kaca dengan pengukuran berbasis Economic Value Added (EVA) bila dibandingkan dengan perhitungan laba/rugi secara konvensional (dalam hal ini difokuskan pada ROE).

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan keramik porselen dan kaca yang terdaftar di BEI yaitu PT Asahimas Flat Glass Tbk, PT Arwana Citramulia Tbk, PT Surya Toto Indonesia Tbk dan PT Keramika Indonesia Assosiasi Tbk periode 2011-2013. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari internet, literature, dan bacaan lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada PT Asahimas Flat Glass Tbk, PT Arwana Citramulia Tbk, dan PT Surya Toto Indonesia Tbk mempunyai EVA yang bernilai positif (EVA>0) dan cenderung meningkat setiap tahunnya sedangkan pada PT Keramika Indonesia Assosiasi Tbk dari tahun 2011 hingga tahun 2013 mempunyai EVA yang bernilai negatif (EVA<0). EVA yang bernilai positif dapat memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham dan investor sedangkan EVA yang bernilai negatif tidak dapat memberikan nilai tambah.

Kata kunci : kinerja keuangan, Economic Value Added, nilai tambah

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.