PENGARUH KEMAMPUAN AUDITOR INVESTIGATIF PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (BPKP) PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROSEDUR AUDIT DALAM PEMBUKTIAN KECURANGAN (FRAUD)

VIDYA ANGGREANI JASMIN B41110078

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan auditor investigatif terhadap efektivitas pelaksanaan prosedur audit dalam pembuktian kecurangan (fraud).

Populasi dari penelitian ini adalah semua auditor yang ada pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat. Sampel yang digunakan adalah 30 responden yang ditentukan melalui purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.0.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan auditor investigatif pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pelaksanaan prosedur audit dalam pembuktian kecurangan (fraud).

Kata kunci: Auditor investigatif, efektivitas pelaksanaan prosedur audit, pembuktian kecurangan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.