ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI GADAI SYARIAH PADA PT. BRI SYARIAH CABANG PONTIANAK

Renaldi Tri Wahyono B41108142

Abstract


Kreatifitas perbankan syariah dalam hal membuat produk baru maupun adaptasi produk yang dibutuhkan pasar tidak hanya memicu perkembangan perbankan syariah, tetapi juga mengundang perdebatan seputar sah atau tidak sahnya dan kesesuaian syariah dari produk-produk hasil inovasi bank syariah. Salah satu produk yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah produk gadai emas syariah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian perlakuan akuntansi atas pembiayaan gadai emas syariah PT. BRISyariah Cabang Pontianak dengan PSAK No. 107 dan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No.26/DSN-MUI/III/2002 serta untuk mengetahui pendekatan analisis kelayakan pembiayaan terhadap nasabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif komparatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan pihak bank dan pengumpulan dokumen-dokumen yang relevan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlakuan akuntansi yang menyangkut pengakuan dan pengukuran pembiayaan, pengakuan pendapatan dan beban, serta penyajian dan pengungkapan laporan keuangan pembiayaan gadai syariah pada BRISyariah telah sesuai dengan PSAK No.107 dan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No.26/DSN-MUI/III/2002. Serta pendekatan analisis kelayakan yang diterapkan oleh BRISyariah mengacu pada pendekatan jaminan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.