PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA PRIMER KOPERASI KEPOLISIAN DAERAH KALIMANTAN BARAT BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK

NURUL HIDAYAH B51110004

Abstract


Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip kekeluargaan. Dalam melandaskan kegiatan operasinya IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia) telah mengeluarkan standar akuntansi keuangan berupa Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

Dalam tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Primer Koperasi Kepolisian Daerah Kalimantan Barat telah menerapkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dalam laporan keuangannya. Penelitan ini menggunakan metode studi kasus yang bersifat deskriptif, dengan cara menguraikan karateristik tentang keadaan dan sifat yang sebenarnya dari objek penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Primer Koperasi Kepolisian Daerah Kalimantan Barat belum menerapkan standar akuntansi keuangan koperasi secara menyeluruh. Hal ini terlihat dari tidak adanya laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Faktor belum diterapkannya  SAK ETAP adalah Primer Koperasi Kepolisian Daerah Kalimantan Barat belum menyajikan informasi dengan unsur-unsur yang lengkap sesuai dengan SAK ETAP dan belum mempunyai staf keuangan yang secara khusus mengerti dan memiliki pengetahuan mendalam tentang laporan keuangan koperasi, selain itu kendala dari tidak adanya keharusan penggunaan SAK ETAP dari pemerintah.

Kata Kunci : Penyusunan, SAK ETAP, Laporan Keuangan Koperasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.