ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS ROE BANK UMUM KONVENSIONAL (Studi Kasus Pada Bank Konvensional Yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011–2013)

Nurul Agustia Utami B41110064

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah loan to deposit ratio (LDR), net interest margin (NIM), capital adequacy ratio (CAR) mempengaruhi return on equity (ROE) pada bank konvensional yang ada di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Populasi dari penelitian ini adalah semua bank konvenional yang ada di Indonesia yang telah menerbitkan laporan keuangan pada tahun 2011 hingga 2013. Total sampel penelitian ini adalah 5 (lima) Bank konvensional yang ditentukan berdasarkan nilai ROE tertinggi. Penelitian ini menganalisis pada laporan keuangan per triwulan masing – masing bank yang dipilih. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa LDR, NIM, CAR secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROE. Secara simultan LDR, NIM, CAR memiliki pengaruh terhadap ROE. Ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas memiliki pengaruh yang bersama-samaan terhadap variabel terikat.

Kata kunci: loan to deposit ratio (LDR), net interest margin (NIM), capital adequacy ratio (CAR), return on equity (ROE) dan Laporan Keuangan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.