ANALISIS RENTABILITAS PERUSAHAAN SEBELUM DAN SETELAH PENERAPAN PEMBIAYAAN LEASING (STUDI KASUS PADA PT PLN (PERSERO) PUSAT LISTRIK SINGKAWANG)

Nanang Wardani B41110125

Abstract


Permasalahan barang modal perusahaan seperti mesin memiliki proporsi yang cukup besar. Perusahaan harus mempertimbangkan dampak pembiayaan barang modal tersebut terhadap kemampuan perusahaan meningkatkan efisiensi operasional. Salahsatu solusi akan kebutuhan aktiva tersebut adalah leasing. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Analisis Rentabilitas Perusahaan Sebelum dan Setelah Penerapan Pembiayaan Leasing (Studi Kasus Pada PT PLN (Persero) Pusat Listrik Singkawang)”. Objek yang diteliti adalah tingkat rentabilitas perusahaan sebelum dan setelah penerapan leasing, dimana PT PLN sebagai lessee.

Penelitian dilakukan untuk membuktikan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara tingkat rentabilitas perusahaan sebelum dan setelah penerapan leasing menggunakan indikator Net Profit Margin, Return On Investment, Operating Profit Margin dan Total Assets Turn Over. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif, dan pengujian hipotesis menggunakan Uji-T. Dengan hipotesis “Tingkat rentabilitas PT PLN sebelum penerapan pembiayaan leasing berbeda dengan tingkat rentabilitas setelah penerapan pembiayaan leasing”. Hasil penelitian dari Operating Profit Margin serta Total Assets Turn Over menunjukkan perbedaan signifikan setelah penerapan leasing, sedangkan Return On Investment dan Net Profit Margin menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengajukan saran yang diharapkan dapat menjadi masukan yang berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengevaluasi keuntungan perjanjian leasing bagi perusahaan sebelum melakukan perjanjian leasing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.