PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PEMILIHAN KARIR (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Tanjungpura Pontianak)

Mega Ayu Lestari B41111045

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemilihan karir. Persepsi mahasiswa dalam penelitian ini diukur dengan variabel gaji, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja dan personalitas.

Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa akuntansi Universitas Tanjungpura Pontianak. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden dari angkatan 2011 dan 30 responden angkatan 2014. Analisis data pada penelitian ini menggunakan one way anova dengan bantuan SPSS versi 21.

Hasil analisis menunjukkan tidak ada perbedaan persepsi kedua angkatan mahasiswa mengenai pemilihan karir ditinjau dari faktor gaji, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, dam personalitas. Sedangkan ditinjau dari faktor pertimbangan pasar kerja ada perbedaan persepsi mahasiswa.

Kata kunci: pemilihan karir, gaji, pelatihan profesional, pengakuan profesional,

nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja dan personalitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.