IMPLEMENTASI SAK ETAP DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN KOPERASI (STUDI KASUS PADA KOPERASI MITRA DUTA PONTIANAK UNTUK PERIODE TAHUN 2013)

HANI MEILITA PURNAMA SUBARDI B41111136

Abstract


Tujuan dibuatnya laporan keuangan koperasi oleh pengurus atau pengelola adalah untuk menyediakan informasi yang berguna bagi pemakai utama dan pemakai lainnya. Adapun dalam penyajian laporan keuangan tersebut telah diatur ketentuanya oleh Ikatan Akuntan Indonesia dengan dikeluarkannya SAK ETAP pada bulan Mei 2009 dan berlaku secara efektif pada atau setelah 1 Januari 2011. Dengan adanya aturan penyajian laporan keuangan pada SAK ETAP ini diharapkan koperasi akan lebih mudah dalam mengimplementasikannya serta mampu menyajikan informasi yang handal dalam laporan keuangan koperasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan laporan keuangan Koperasi Mitra Duta saat ini dengan penyajian berdasarkan aturan SAK ETAP serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan koperasi belum menerapkan SAK ETAP pada penyusunan laporan keuangannya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan dan menggambarkan data berdasarkan temuan fakta yang didapat oleh peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan Koperasi Mitra Duta hanya terdiri dari laporan laba rugi dan neraca, hal ini tentu belum sesuai dengan aturan penyusunan laporan keuangan yang diatur oleh SAK ETAP yakni yang terdiri dari laporan laba rugi, neraca, laporan perubahan modal, laporan Arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan Koperasi Mitra Duta belum menerapkan SAK ETAP dalam penyajian laporan keuangannya adalah pertimbangan dari segi biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang didapatkan, terbatasnya staf yang ada pada koperasi, dan kurangnya sosialisasi dan pelatihan dari Ikatan Akuntan Indonesia dan Departemen Koperasi dan UKM dalam menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP.

Kata Kunci : Laporan Keuangan, Koperasi, SAK ETAP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.