IMPLEMENTASI SAK ETAP TENTANG PERKOPERASIAN DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA CREDIT UNION PANCUR KASIH PONTIANAK

Firdaus Liman B41110119

Abstract


Koperasi memiliki kedudukan dan peran sangat strategis dalam menumbuh kembangkan perekonomian rakyat, yang diharapkan dapat menghadapi berbagai peluang dan tantangan di masa yang akan datang. Salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam mewujudkan tujuan koperasi adalah laporan keuangan yang menjadi sumber informasi dalam pengambilan keputusan, perencanaan, maupun pengendalian disamping fungsinya sebagai alat pertanggung jawaban. IAI telah mengeluarkan Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) sebagai pedoman dalam menyusun laporan keuangan koperasi yang mulai berlaku efektif pada 1 januari 2011 menggantikan PSAK No. 27.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dalam penyajian laporan keuangan Credit Union Pancur Kasih Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang sifatnya deskriftif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui penelitian lapangan sesuai fakta dan keadaan yang sebenarnya dari suatu objek penelitian pada saat penelitian berlangsung untuk mendapatkan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Credit Union Pancur Kasih Pontianak belum menerapkan SAK ETAP secara penuh sebagai pedoman dalam meyusun laporan keuangannya. Laporan keuangan CU. Pancur Kasih Pontianak hanya menyajikan neraca dan laporan hasil usaha (L/R). Faktor yang menyebabkan penerapan SAK ETAP (2011) dalam laporan keuangan CU. Pancur Kasih belum sempurna dalam implementasinya adalah kurangnya kompetensi dan penguasaan yang dimiliki oleh pegawai bidang akuntansi, serta masih kurangnya peran serta dan kontribusi pihak terkait khususnya pemerintah dan akademisi dalam upaya meningkatkan kwalitas penyajian laporan keuangan koperasi berdasarkan SAK ETAP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.