ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA

DEBY FRESSITA SUMANTRI B41111146

Abstract


Perataan laba merupakan usaha yang dilakukan oleh manajemen untuk menekan terjadinya fluktuasi laba perusahaan selama beberapa periode. Dengan melakukan perataan laba perusahaan akan mendapat meningkatkan kepercayaan investor, karena mendukung kestabilan penghasilan dan kebijakan dividen sesuai dengan keinginan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (ROE), ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan financial leverage pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu lima tahun mulai dari 2009 sampai dengan 2013. Dengan menggunakan metode purposive sampling didapat 26 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Dalam penelitian ini Indeks Eckel digunakan untuk mengklasifikasi perusahaan yang melakukan atau tidak melakukan praktik perataan laba. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (ROE), ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan financial leverage tidak berpengaruh secara signifikan terhadap praktik perataan laba. Oleh sebab itu, keempat variabel tersebut tidak dapat dijadikan indikator perusahaan dalam melakukan praktik perataan laba.

 

Kata kunci : Perataan Laba, Profitabilitas (ROE), Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Financial Leverage, Indeks Eckel


Refbacks

  • There are currently no refbacks.