PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR DAN PROFITABILITAS TERHADAP REAKSI INVESTOR PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011-2013

David B51111105

Abstract


CSR merupakan tanggungjawab yang melibatkan perusahaan untuk melestarikan lingkungan dan menjaga hubungan sosialnya dengan masyarakat. Disamping melihat profitabilitas perusahaan, investor juga mempertimbangkan pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan sebagai penentu keputusannya untuk berinvestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengungkapan CSR terhadap reaksi investor (2) Pengaruh profitabilitas terhadap reaksi investor (3) Pengaruh pengungkapan CSR dan profitabilitas secara bersama-sama terhadap reaksi investor. Sampel penelitian ini adalah perusahaan sub sektor perkebunan yang terdaftar di BEI tahun 2011-2013 dengan metode purposive sampling. Terdapat 6 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap reaksi investor. Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap reaksi investor. Dan secara bersama-sama pengungkapan CSR dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap reaksi investor.

Kata kunci: Pengungkapan CSR, Profitabilitas, Reaksi Investor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : kiafe@untan.ac.id