PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), RETURN ON ASSET (ROA), DAN FIRM SIZE TERHADAP INITIAL RETURN (IR) PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009-2013

A Juan B41111143

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh Laba per Saham (LPS), Return on Asset (ROA), dan Ukuran Perusahaan terhadap Initial Return (IR). Variabel-variabel independen dalam penelitian ini adalah Laba per Saham (LPS), Return on Asset (ROA), dan Ukuran Perusahaan, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah Initial Return (IR).

Sampel penelitian ini adalah perusahaan go public yang melakukan Initial Public Offering (IPO) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2009-2013.  Data yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total 76 perusahaan go public ditentukan sebagai sampel. Analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 21, dengan pengujian analisis regresi linear berganda untuk melihat hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel dependen, serta pengujian hipotesis sendiri menggunakan pengujian Parsial (t test) untuk melihat pengaruh variabel-variabel independen secara individual terhadap variabel dependen, pengujian Simultan (F test) untuk melihat pengaruh variabel-variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen, dan pengujian koefisien determinasi untuk melihat seberapa besar variabel-variabel independen mempengaruhi variabel dependen.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa Laba per Saham (LPS) mempunyai pengaruh negatif tidak signifikan terhadap IR, Return on Asset (ROA) mempunyai pengaruh postif tidak signifikan terhadap IR, dan Ukuran Perusahaan mempunyai pengaruh negatif tidak signifikan terhadap IR. Dan secara bersama-sama ketiga variabel ini tidak berpengaruh signifikan terhadap Initial return (IR).  Hasil koefisien determinasi menunjukkan persentase sebesar 4,3% yang berarti 95,7%  variabel IR  dipengaruhi oleh variabel-variabel  lain diluar penelitian ini.

 

Kata Kunci: Initial Return (IR), Laba per Saham (LPS), Return on Asset (ROA), Ukuran Perusahaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.