ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL PADA BANK KALBAR SYARIAH KOTA PONTIANAK

Rieta Putri B41107090

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham, baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2007 hingga tahun 2009.

Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik yaitu uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t). Sampel penelitian adalah 66 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Analisis hasil regresi dilakukan setelah model tidak mengalami gejala- gejala  asumsi  klasik  seperti  multikolinearitas,  autokorelasi,  dan heteroskedastisitas.

Hasil  pengujian  hipotesis  uji  F  menunjukkan  bahwa  variabel  Current Ratio  (CR)  dan  Debt  to  Equity  ratio  (DER) secara  simultan  berpengaruh signifikan terhadap Return saham. Hasil pengujian hipotesis uji t menunjukkan nilai t hitung untuk CR adalah 3.236 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1.668. Sedangkan nilai t hitung untuk DER adalah 3.660 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1.668. Dari kedua nilai t hitung yang didapatkan menunjukkan bahwa CR dan DER secara parsial berpengaruh terhadap Return Saham. Tetapi variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Return Saham ialah Debt To Equity Ratio (DER)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]