ANALISIS KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL PADA PT. BPD KALIMANTAN BARAT

Endah Putri Nola B41110089

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT. BPD Kalimantan Barat Tahun 2009 s/d tahun 2012 dengan menggunakan metode CAMEL yang meliputi aspek permodalan, aktiva produktif, manajemen, rentabilitas dan likuiditas untuk diketahui tingkat kesehatannya. Pelaksanaan penilaian kesehatan PT. BPD Kalimantan Barat dilakukan dengan cara mengkualifikasikan beberapa komponen dari masing-masing faktor yaitu komponen Capital (Permodalan), Asset (Aktiva), Management (manajemen), Earning (Rentabilitas), Liquidity (likuiditas) atau disingkat dengan istilah CAMEL. CAMEL merupakan faktor yang sangat menentukan predikat kesehatan suatu bank. Aspek satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

Hasil penilaian kinerja keuangan dengan rasio CAMEL yang menunjukkan bahwa dilihat dari aspek permodalan yang dimiliki oleh Bank Kalbar ternyata memiliki nilai lebih dari 8%, sehingga PT. BPD Kalimantan Barat memiliki modal yang cukup untuk menutupi segala resiko yang timbul dari penanaman dana dalam aktiva produktif yang menunjang resiko.

Hasil penelitian dengan metode CAMEL menunjukkan bahwa nilai CAMEL PT. BPD Kalimantan Baratsejak tahun 2009 s/d tahun 2012 berturut-turut adalah 85,31; 83,89; 83,09; 88,79. Berdasarkan analisis metode CAMEL,PT. BPD Kalimantan Barat tergolong perusahaan perbankan yang berpredikat Sehat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]