ANALISIS PENGARUH PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN YANG MENERBITKAN OBLIGASI SYARIAH IJARAH DI INDONESIA TAHUN 2009-2012

Tatik Rosiyadi B41110053

Abstract


Tatik Rosiyadi (2014). Analisis Pengaruh Penerbitan Obligasi Syariah Terhadap Profitabilitas Perusahaan yang Menerbitkan Obligasi Syariah Ijarah di Indonesia Tahun 2009-2012.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerbitan obligasi syariah ijarah terhadap profitabilitas perusahaan. Penulis menarik hipotesis bahwa terdapat pengaruh antara penerbitan obligasi syariah ijarah terhadap profitabilitas perusahaan,  pada penelitian ini profitabilitas perusahaan dilihat dari Return On Investment (ROI) dan Return On Equity (ROE).

Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode statistik dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Data yang digunakan merupakan data panel yang dikumpulkan menggunakan pendekatan time series. Penelitian ini menggunakan populasi yang terdiri dari perusahaan go public yang menerbitkan obligasi syariah ijarah tahun 2009-2012.  Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan tingkat signifikansi (α) 5%. Hubungan antar variabel diuji dengan menggunakan analisa regresi sederhana. Analisa menggunakan alat bantu software pengolahan data statistik yaitu SPSS 20.00 for windows.

Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerbitan obligasi syariah ijarah terhadap profitabilitas perusahaan, serta pada hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh penerbitan obligasi syariah ijarah tidak kuat/ tidak signifikan.

Kata kunci: Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE), dan Obligasi Syariah Ijarah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.