ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENGHIMPUNAN ZISWAF PADA AL MUMTAZ PEDULI KAB. KUBU RAYA

ANA MARIANA B51110087

Abstract


Al Mumtaz Peduli Kab. Kubu Raya merupakan Lembaga yang menghimpun dana Infak, Zakat, Wakaf baik individu maupun lembaga. Penelitian ini berjudul Analisis Sistem dan Prosedur Penghimpunan Ziswaf pada Al Mumtaz Peduli Kab. Kubu Raya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur penghimpunan ziswaf pada Al Mumtaz Peduli Kab. Kubu Raya serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tidak efektifnya penghimpunan ziswaf pada Al Mumtaz Peduli Kab. Kubu Raya.

Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari tempat penelitian. Cara pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, studi pustaka, dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah Internal Control Quetioner (ICQ), struktur organisasi, analisis bagan alur (Flowchart), serta Standar Operasional Perusahaan (SOP).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa sistem dan prosedur penghimpunan ziswaf pada Al Mumtaz Peduli Kab. Kubu Raya sudah berjalan baik. Berdasarkan tugas dan wewenang juga baik mereka sudah mengetahui tugas dan kewajiban mereka masing-masing.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tidak efektifnya penghimpunan ziswaf pada Al Mumtaz Peduli Kab. Kubu Raya yaitu adanya donatur yang tidak dijemput selama beberapa bulan sehingga mengundurkan diri menjadi donatur, adanya rangkap kerja, kurang lengkapnya data form donatur, kurang disiplinnya petugas penjemput donasi dalam melakukan penjemputan, serta kurang tegasnya sanksi bagi yang melanggar aturan.

Kata Kunci: Penghimpunan Ziswaf, Sistem dan Prosedur .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]