ANALISIS AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN ANGGARAN PADA PT ASURANSI JASINDO JAKARTA PUSAT

Restu Diana B41109151

Abstract


Akuntansi Pertanggungjawaban merupakan sarana Informasi bagi pihak manajemen untuk tujuan pengendalian baik itu biaya, pendapatan, laba dan Investasi yang secara kolektif menghasilkan laba perusahaan.

PT. Asurans Jasindo Jakarta Pusat sebagai cabang dari PT. Asuransi Jasindo (PERSERO) yang berkantor pusat di Jakarta Selatan adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa.  Dengan penerapan Akuntansi pertanggungjawaban maka penyimpangan-penyimpangan yang terjadi terhadap biaya, pendapatan, laba dan investasi dapat dipertanggungjawabkan dan dijadikan sebagai tolok ukur kinerja bagian-bagian yang terdapat pada perusahaan.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus dengan membatasi permasalahan pada analisis akuntansi pertanggungjawaban dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2011. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, studi dokumenter dan  studi kepustakaan. Sedangkan alat analisis yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi mekanisme penyusunan anggaran, evaluasi pusat pertanggungjawaban, anggaran dan realisasi, evaluasi pelaporan pertanggungjawaban serta evaluasi flow chart penyusunan anggaran.

Kata Kunci: Akuntansi Pertanggungjawaban, Anggaran, Asuransi Kerugian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.