ANALIS PENGARUH AKTIVA PRODUKTIF TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (STUDI KASUS: PT. BANK KALBAR)

Ridho Akbar B41110063

Abstract


Tingkat Profitabilitas merupakan indikator yang paling penting untuk mengukur kinerja suatu bank.Kemampuan bank dalam memperoleh laba (profitabilitas) tercermin pada laporan keuangan bank. Salah satu komponen untuk menilai kondisi keuangan perusahaan adalah aktiva produktif,yang terdiri dari pinjaman kredit, surat-surat berharga, penyertaan modal, penempatan pada bank lain, off balance sheet dan agunan yang diambil alih.. Selisih antara bunga kredit dikurangi bunga tabungan dan overhead perusahaan adalah keuntungan yang diperoleh pihak bank.

Penelitian ini diharapkan memberikan tambahan pengetahuan tentang aktiva produktifterhadap profitabilitas bank, sehingga diperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai kesesuaian antara teori yang ada dengan fakta yang terjadi serta dapat menjadi bahan masukan bagi pihak manajemen perusahaan dan referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya berkaitan dengan aktiva produktif.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh aktiva produktif terhadap tingkat profitabilitas. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan statistik yaitu, uji normalitas, regresi, korelasi serta perhitungan uji T dengan tingkat signifikasi α = 5%. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT Bank Kalbar selama 30 bulan dalam jangka waktu Januari 2010 sampai Juni 2012.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara aktiva produktif terhadap tingkat profitabilitas.Aktiva produktif diukur menggunakan kualitas aktiva produktif sedangkan tingkat profitabilitas diukur dengan menggunakan return on asset.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh aktiva produktif terhadap tingkat profitabilitas, namun tidak signifikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.