ANALISIS KEEFEKTIFAN SISTEM DAN PROSEDUR PENJUALAN KREDIT OBAT FARMASI PADA PT. TRI SAPTA JAYA PONTIANAK

WILLY NOVRYAN B51107012

Abstract


Perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan penjualan, karena dengan meningkatnya penjualan akan meningkatkan pula pendapatan perusahaan. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan Sistem Penjualan Kredit. Untuk mencapai tujuan tersebut, pimpinan perusahaan membutuhkan suatu sistem untuk dapat membantu mengadakan pengendalian intern yang dapat memberi informasi sejauh mana kemajuan perusahaan telah dicapai oleh seorang manager, serta dapat mempertanggungjawabkan kekayaan perusahaan yang diserahkan padanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan sistem dan prosedur akuntansi penjualan kredit obat farmasi pada PT.  Tri Sapta Jaya Pontianak. Apakah Sistem dan Prosedur Akuntansi Penjualan kredit pada PT. Tri Sapta Jaya Pontianak telah memenuhi Sistem Pengendalian Intern yang memadai dan berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem akuntansi penjualan kredit pada PT. Tri Sapta Jaya Pontianak sudah cukup efektif namun dibutuhkan perbaikan atas kelemahan-kelemahan yang ada agar sistem akuntansi penjualan kredit perusahaan dapat menjadi lebih baik lagi.

Kata Kunci : Sistem Akuntansi, Penjualan Kredit

Refbacks

  • There are currently no refbacks.