ANALISA PENETAPAN BIAYA TARGET (TARGET COSTING), HARGA TARGET (TARGET PRICING) PT.KARUNIA ADI SENTOSA

RENY ANDRIANI B41108008

Abstract


Penelitian dalam permasalahan umum ini adalah : Bagaimana penetapan Target Costing dan Target Pricing pada PT Karunia Adi Sentosa, serta bagaimana analisis Break Even Point menjawab kondisi perbedaan Target Profit Perusahaan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dimana penulis menggunakan data-data internal perusahaan untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin, yang hasilnya dideskripsikan secara sistematis dan ditarik kesimpulan.Alat analisis yang digunakan adalah penentuan kontribusi margin, harga jual, dan perhitungan Break Even Point baik secara rupiah maupun satuan.

Pada Building Service, penyaluran tenaga kerja pada tahun 2011, 2012, dan 2013 masing-masing adalah sebanyak 3, 5, dan 6 orang. Perhitungan Break Even Point pada tahun 2011, 2012, dan 2013 masing-masing adalah 55, 39, 49 orang; membuktikan bahwa penyaluran tenaga kerja belum maksimal karena Break Even Point tidak tercapai.Pada Security Service, penyaluran tenaga kerja pada tahun 2011, 2012, dan 2013 masing-masing sebanyak 4, 12, dan 17 orang. Perhitungan Break Even Point pada tahun 2011, 2012, dan 2013 masing-masing adalah 20, 20, dan 20 orang; memperlihatkan bahwa penyaluran tenaga kerja juga belum maksimal.Pada Personal Provider, penyaluran tenaga kerja pada tahun 2011, 2012, dan 2013 masing-masing sebanyak 5, 5, dan 5 orang. Perhitungan Break Even Point pada tahun 2011, 2012, dan 2013 masing-masing adalah 14, 24, dan 23 orang; memperlihatkan bahwa penyaluran tenaga kerja juga belum maksimal.

Untuk ke depan, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kinerja para tenaga kerja yang akan disalurkan, sehingga juga dapat meningkatkan kepuasan klien terhadap kinerja tenaga kerja yang dipakai agar jasa perusahaan selalu dipercaya oleh pemakai tenaga kerja.

Keyword : Target Costing, Target Pricing & Break Even Point


Refbacks

  • There are currently no refbacks.