Analisis Sistem Pengendalian Penyaluran Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam Maju Bersama Cabang Kuala Dua Pontianak

WINDA AMELIA DABUKE B51110013

Abstract


Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Kegiatan utama dari koperasi simpan pinjam adalah pemberian kredit bagi anggotanya. Masalah keamanan atas kredit yang diberikan merupakan masalah yang harus sangat diperhatikan karena adanya risiko yang timbul dalam sistem pemberian kredit sehingga memungkinkan terjadinya tunggakan atau macetnya kredit yang akan berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup operasional koperasi. Dalam menunjang efektivitas sistem pemberian kredit diperlukan pengendalian internal yang memadai dalam bidang perkreditan.

Dalam penelitian ini koperasi yang dijadikan objek penelitian adalah Koperasi Simpan Pinjam Maju Bersama Cabang Kuala Dua yang kegiatannya menghimpun dana dari anggota dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali dalam bentuk kredit khususnya penelitian pada tahun 2011-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem pengendalian yang diterapkan koperasi terhadap sistem dan prosedur penyaluran kredit.

Adapun untuk melakukan penilaian efektivitas sistem pengendalian intern terhadap penyaluran kredit menggunakan analisis pada struktur organisasi, flowchart, internal control quesioner dan tes ketaatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern yang diterapkan koperasi cukup efektif namun masih terlihat adanya perangkapan tugas yang dilakukan oleh staf administrasi dan tidak adanya penilaian atas barang jaminan serta pengawasan setelah dana dicairkan.

Kata Kunci : sistem pengendalian intern, penyaluran kredit.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.