ANALISIS POTENSI KEPAILITAN BERDASARKAN ZETA MODEL DISKRIMINAN PADA KELOMPOK PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2012

Luciana B41110142

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ZETA Model Diskriminan dalam melihat potensi kepailitan kelompok perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di BEI Periode 2010-2012.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi, yaitu dengan mengambil data dari laporan keuangan perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan penarikan sepuluh perusahaan selama tiga tahun. Analisis data menggunakan ZETA Model Diskriminan yang dapat memprediksi kondisi keuangan perusahaan. Laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan periode 2010-2012 yang diperoleh melalui situs internet dengan alamat www.idx.co.id.

Dari hasil penelitian terdapat dua perusahaan dari sepuluh perusahaan sampel yang memiliki potensi kepailitan pada tahun berikutnya jika tidak ada kemajuan dalam posisi keuangan dan hasil operasinya. Perusahaan itu adalah PT. Argo Pantes Tbk dan PT. Apac Citra Centertex Tbk. Ada delapan perusahaan yang masuk dalam kategori sehat, yaitu PT. Ever ShineTex Tbk, PT. Eratex Djaya Tbk, PT. Panasia Indo Resources Tbk, PT. Pan Brothers Tbk, PT. Wsunson Textile Manufacturer Tbk, PT. Star Petrochem Tbk, PT. Ricky Putra Globalindo Tbk, dan PT. Nusantara Inti Corpora Tbk.

Kata Kunci: Laporan Keuangan, ZETA Model Diskriminan, Kepailitan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.