ANALISIS KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALTMAN Z SCORE MODIFIKASI PADA PT. BAKRIE & BROTHERS TBK

Kristina Hinsa Sitorus B41110073

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis prediksi kebangkrutan pada PT. Bakrie & Brothers Tbk dengan menganalisis laporan keuangan konsolidasi dengan menggunakan sampel periode keuangan 2010 sampai dengan 2012. Perhitungan ini menggunakan Metode Altman Z-Score Modifikasi.

Penelitian ini juga menganalisis pengaruh kinerja anak perusahaan terhadap  kebangkrutan perusahaan PT. Bakrie & Brothers Tbk. Hubungan kuat atau lemahnya variabel X dan Y secara simultan ditunjukkan melalui Uji F.  Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji parsial dengan α = 0,05. Perolehan hasil analisis tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis rasio Altman Z-Score Modifikasi dapat disimpulkan bahwa dari tahun 2010 sampai 2011 perusahaan memiliki nilai rendah dengan nilai Z”-Score dibawah nilai 1,10 sehingga termasuk kategori perusahaan yang diprediksi akan bangkrut. Hanya pada tahun 2012 perusahaan mendapatkan nilai Z”- Score sebesar 1,73 dan itupun masih dalam kategori grey area. Dari perhitungan Uji Simultan F dapat disimpulkan bahwa potensi kebangkrutan PT. Bakrie & Brothers tidak dipengaruhi oleh kinerja anak perusahaan Grup Bakrie yang listing di BEI.

 

Kata kunci: Prediksi kebangkrutan, Altman’s Z-Score Modifikasi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]