ANALISIS JOINT COST (SERVICE) UNTUK PENENTUAN ALOKASI BIAYA PRODUKSI FILM TELEVISI PADA PRODUCTION HOUSE (RUMAH PRODUKSI) CV. JAWARA KARYA STUDIO WILAYAH PONTIANAK KALIMANTAN BARAT TAHUN 2013

Frita Olivia B41110029

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menghitung serta menentukan besarnya alokasi biaya produksi pada Film Televisi berdasarkan metode  joint cost pada CV. JAWARA KARYA STUDIO. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Penentuan Alokasi Biaya Produksi FTV (Film Televisi) Dengan Metode Joint Cost atau biaya gabungan pada CV. JAWARA KARYA STUDIO.

Tahapan penelitian data dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi, mengklasifikasi pos–pos yang menjadi bagian dari perhitungan alokasi biaya produksi, Menentukan faktor pembobotan yang dibebankan pada tiap FTV (Film Televisi) berdasarkan hasil wawancara pada pihak perusahaan, menghitung alokasi biaya produksi total kepada tiap FTV (Film Televisi) dan alokasi biaya tiap departemen menggunakan metode rata-rata tertimbang pada joint cost, membandingkan antara perhitungan yang selama ini dilakukan CV. JAWARA KARYA STUDIO dengan hasil yang diperoleh peneliti, menyimpulkan metode yang efektif.

Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan perbedaan penetapan jumlah alokasi biaya produksi total serta departemen dalam setiap film karena adanya perbedaan perhitungan penentuan alokasi biaya produksi, perusahaan menggunakan perhitungan sendiri dan peneliti menggunakan perhitungan dengan metode rata-rata tertimbang pada joint cost. Alokasi besarnya porsi biaya total produksi menurut perusahaan secara berurutan yaitu FTV A Rp43.932.200; FTV C Rp39.916.900; FTV B Rp34.397.200 sedangkan menurut hasil peneliti yaitu FTV A Rp59.123.150; FTV B Rp31.532.346,66; FTV C Rp27.590.803,33. Hasil selanjutnya yang didapatkan dari perhitungan yang dilakukan oleh peneliti dibandingkan dengan perhitungan  perusahaan  juga menunjukkan bahwa FTV (Film Televisi) yang memiliki porsi alokasi biaya departemen terbesar secara berutan dimulai dari FTV A; FTV B; dan FTV C.

Kata Kunci: Alokasi Biaya Produksi, Metode rata-rata tertimbang joint cost

Refbacks

  • There are currently no refbacks.