ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PERSEDIAAN PD ANDHIKA PRIMAJAYA

ERWIN HIDAYAT B41109038

Abstract


Perusahaan perlu menerapkan suatu strategi yang baik agar dapat mampu bersaing dengan perusahaan lain. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah menerapkan sistem pengendalian internal pada perusahaan. Sistem pengendalian internal yang baik akan dapat membantu perusahaan dalam mengelola usahanya.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanasistem pengendalian internal persediaan PD Andhika Primajaya, untuk mengetahui efektifitas sistem pengendalian internal persediaan PD Anhika Primajaya dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan sistem pengendalian internal persediaan di PD Andhika Primajaya Pontianak.

Teknik pengumpulan data yang akan dianalisis adalah dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan tiga alat analisis yaitu analisis struktur organisasi, analisis flowchart, dan analisis kuesioner pengendalian internal.

Hasil penelitian ini menunjukkan masih terdapat beberapa kelemahan pada sistem pengendalian interenal persediaan PD Andhika Primajaya. Beberapa kelemahan dan faktor yang mempengaruhi keefektifan sistem pengendalian internal pada persediaan PD Andhika Primajaya adalah terjadi perangkapan tugas pada sumber daya manusia, prosedur dan kebijakan yang kurang efektif, data yang tidak memadai, dan infrastruktur yang masih kurang menunjang. Sehingga dapat disimpulkan sistem pengendalian internal persediaan PD Andhika Primajaya Pontianak kurang efektif.

Kata kunci : Sistem Pengendalian Internal, struktur organisasi, analisis flowchart, analisis kuesioner pengendalian internal.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]