ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA RUMAH KOS DEMPO

Jeffry Fernando Sitorus B51109045

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengendalian Internal terhadap siklus penerimaan dan pengeluaran kas yang telah di terapkan di perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa.

Untuk mengetahui sejauh mana peranan sistem pengendalian intern terhadap pencapaian tujuan perusahaan, maka penulis menggunakan Metode Deskriftif Kualitatif. Penelitian menggunakan analisis Flowchart, internal control questioner, observasi langsung dan studi kepustakaan.

Pengujian Internal Control Questioner yang penulis tetapkan, dilakukan dengan menganalisis hasil penelitian yang didasarkan kriteria dan teori dengan memperlihatkan kondisi pada perusaan yang di teliti.

Adapun hasil pengujian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal yang di terapkan oleh pihak Rumah Kos Dempo Pontianak telah memadai sesuai dengan hasil dari perhitungan Internal Control Qusioner mencapai angka sebesar 76%, maka dapat disimpulkan bahwa pengendalian intern yang diterapkan Rumah Kos Dempo Sudah Memadai.

 

Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.