ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN DAN PENGELOLAAN KAS SESUAI PSAK 45 DI SMK KRISTEN IMMANUEL 1 PONTIANAK

Noviana B41110082

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian internal kas di SMK Kristen Immanuel 1 Pontianak dan membandingkan laporan keuangannya dengan PSAK 45. SMK Kristen Immanuel 1 Pontianak merupakan salah satu sekolah terkemuka di Kota Pontianak sehingga dipandang perlu untuk dianalisis sistem pengendalian internalnya agar lebih transparan dan dapat terus bersaing dengan SMK lainnya. Mengingat luasnya lingkup kas, maka penulis membatasi lingkup kas hanya pada SPP.

Teknik pengumpulan data yang akan dianalisis adalah dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan lima alat analisis yaitu analisis struktur organisasi, analisis flowchart, tes ketaatan, analisis kuesioner pengendalian internal, dan PSAK 45.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal kas SMK Kristen Immanuel 1 Pontianak sudah efektif namun belum sesuai dengan PSAK 45. Penelitian ini belum mampu memberikan hasil yang representatif terhadap keseluruhan sistem pengendalian internal SMK Kristen Immanuel 1 Pontianak karena data yang diperoleh hanya pada periode 2013 dan terbatas pada SPP. Peneliti berharap penelitian berikutnya dapat memperluas lingkup kas dan dapat menganalisis data pada lebih dari satu periode akuntansi. Peneliti juga berharap laporan arus kas yang dibuat dapat menjadi dasar bagi sekolah untuk menyusun laporan arus kas pada periode berikutnya.

Kata kunci : Sistem Pengendalian Internal, struktur organisasi, analisis flowchart, tes ketaatan, analisis kuesioner pengendalian internal, PSAK 45, laporan arus kas.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.