ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEBANGSAAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN ASING DAN DOMESTIK DI INDONESIA

JANNI WIRYANI B41110008

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis pengaruh faktor kebangsaan dan struktur kepemilikan institusional terhadap perataan laba pada perusahaan asing dan domestik di Indonesia”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara tingkat perataan laba pada perusahaan asing dan domestik di Indonesia mengingat bahwa setiap negara memiliki tanggapan yang berbeda-beda mengenai praktik perataan laba dan pengaruh budaya serta lingkungan bisnis dinilai mampu mempengaruhi organisasi dan penerapan-penerapan praktik akuntansinya. Selain itu tujuan penelitian ini juga untuk menganalisis apakah kepemilikan saham oleh pihak institusional mampu memperkecil tingkat perataan laba pada perusahaan karena semakin tinggi kepemilikan saham oleh pihak institusional maka tingkat pengawasan terhadap manajemen oleh pihak institusional akan semakin tinggi.

Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan kemudian data tersebut diolah untuk menjawab hipotesis penelitan. Penelitan ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan data time series yaitu disusun berdasarkan urutan waktu atau periode. Objek penelitian ini adalah perusahaan asing dan domestik yang listing di Bursa Efek Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat perataan laba perusahaan asing sedikit lebih besar dibandingkan tingkat perataan laba pada perusahaan domestik di Indonesia. Namun perbedaan tersebut tidak lah signifikan dan tidak memiliki hubungan yang erat antara faktor kebangsaan dan perataan laba. Selain itu struktur kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh dan hubungan yang erat terhadap tingkat perataan laba.

Kata Kunci: Faktor Kebangsaan, Struktur Kepemilikan Institusional, Perataan Laba.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.