ANALISIS HUBUNGAN LAPORAN ARUS KAS DAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN ENERGI DAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2012

Indra Purnomo B41107017

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kinerja keuangan perusahaan terhadap harga saham perusahaan Pertambangan dan Energy periode tahun 2010-2012, yang diukur berdasarkan pengaruh kenaikan dan penurunan arus kas perusahaan. Adapun urutan pembahasan secara sistematis adalah sebagai berikut: analisis rasio arus kas dan harga saham, selanjutnya diteruskan dengan analisis korelasi antara arus kas dan harga saham perusahaan. Dalam penelitian ini rasio yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan kas perusahaan adalah Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Pengeluaran Modal, Rasio Pengembalian Kas.

Terdapat 7 perusahaan Pertambangan dan Energy  yang menjadi sampel. Regresi linier berganda digunakan sebagai teknik analisis untuk mengetahui hubungan variable bebas yang terdiri dari rasio likuiditas, solvabilitas, pengeluaran modal, pengembalian kas secara parsial dan simultan terhadap harga saham perusahaan pertambangan dan energy periode 2010–2012. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hanya variable Current Cash Debt coverage dan Cash Return On Sales Ratio yang berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Price Earning Ratio. Sedangkan variable Cash Long term debt Coverage dan Investment / CFO Plus Finance tidak berpengaruh terhadap Price Earning Ratio perusahaan Pertambangan dan Energi pada periode 2008 – 2010. Hal ini disebabkan oleh karena perusahaan lebih memperhatikan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjangnya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.